Nasution, Ahmad Maulana and Adlini, Miza Nina (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus, 8 (2). pp. 451-458. ISSN p-ISSN: 2442-9481 e-ISSN: 2685-7332
Text
Jurna Dini Putriana .pdf Download (389kB) |
Abstract
Pendidikan ialah proses pembelajaran dimana siswa menyambut serta menguasai pengetahuan. Kemampuan berpikir kritis ialah keahlian yang amat penting serta amat efisien pada seluruh aspek kehidupan terutama di pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Batangkuis. Penelitian ini termasuk penelitian semu (Quasi Eksperiment) yang populasi penelitiannya ialah siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Batang Kuis sebanyak dua kelas yaitu kelas XI MIA1 sebagai experiment class dan XI MIA2 sebagai control class yang masing-masing berisi 31 dan 29 orang. Teknik pengumpulan data berupa hasil tes berpikir kritis yang mengacu pada tes belajar kognitif berupa soal pilihan berganda sebanyak 20 soal. Teknik sampling penelitian ini memakai cluster random sampling yaitu pengambilan sampel secara random yang dihitung memakai Analysis of covariance. Hasil pada penelitian ini diperoleh data signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti adanya pengaruh kovariat linier pada kemampuan berpikir. Penerapan model ini dilakukan untuk menjaga siswa tetap belajar dengan baik, dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis adalah dengan meningkatkan daya pemusatan pembelajaran bersama untuk membangun ide dan menjaga siswa tetap aktif di kelas.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | berpikir kritis, learning cycle 5E, pengaruh |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 06:44 |
Last Modified: | 05 Nov 2022 05:51 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14212 |
Actions (login required)
View Item |