LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII SMKS MUHAMMADIYAH 5 KISARAN TAHUN 2019

Tanjung, Sri Rahayu (2019) LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII SMKS MUHAMMADIYAH 5 KISARAN TAHUN 2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Skripsi Sri rahayu.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMKS Muhammadiyah 5 Kisaran, dengan tujuan untuk 1) mengetahui bentuk pelaksanaan layanan bimbingan kelompok sebagai upaya meningkatkan minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMKS Muhammadiyah 5 Kisaran, 2) mengetahui apa saja kendala dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok, dan 3) mengetahui cara mengatasi kendala dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok.Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif. Adapun yang menjadi informan penelitian pada penelitian ini adalah guru BK di SMKS Muhammadiyah 5 Kisaran berjumlah dua orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan layanan bimbingan kelompok sebagai upaya meningkatkan minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMKS Muhammadiyah 5 Kisaran dilaksanakan dalam bentuk pelajaran bimbingan, kelompok diskusi, dan karyawisata, 2) kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan waktu, keterbatasan sarana dan prasarana, dan keterbatasan biaya, 3) kendala diatasi dengan cara memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, kreatif menggunakan sarana dan prasarana, serta menyisihkan anggaran untuk pelaksanaan kegiatan bimbingan dan konseling dari anggaran�anggaran yang lainnya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok, Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 14 Jun 2022 06:59
Last Modified: 14 Jun 2022 06:59
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14183

Actions (login required)

View Item View Item