Pengaruh strategi pembelajaran ctl (contextual teaching learning) terhadap minat membaca dan hasil belajar al-quran hadis materi bacaan mad pada siswa kelas viii MTS al-Washliyah Pancur Batu

Sulastri, Siti (2016) Pengaruh strategi pembelajaran ctl (contextual teaching learning) terhadap minat membaca dan hasil belajar al-quran hadis materi bacaan mad pada siswa kelas viii MTS al-Washliyah Pancur Batu. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesis Sulastri.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian lapangan dalam bentuk/desain eksperimen semu ini dilakukan untuk menyelidiki pengaruh strategi pembelajaran CTL terhadap hasil belajar siswa dan pengaruh strategi pembelajaran CTL dan minat membaca Alquran. Secara khusus adapun yang menjadi tujuan peneliti adalah untuk melihat pengaruh strategi pembelajaran CTL terhadap hasil belajar siswa dan untuk melihat pengaruh strategi pembelajaran CTL terhadap minat membaca Alquran materi Mad Layyin, Mad `Aridl Lissukun, Mad Iwadl, Mad Badal dan Mad Tamkin pada siswa kelas VIII MTs Al-Washliyah Pancur Batu. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap Tahun Pelajaran 2015/2016 sesuai dengan rencana peneliti sebelumnya. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al-Washliyah Pancur Batu sebanyak 60 siswa. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen dengan desain penelitian pre-test-post-test, desain kelompok kontrol. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas (X), yaitu strategi pembelajaran CTL. Kemudian terdiri dari variabel terikat (Y), yaitu hasil belajar siswa selaku (Y1) dan minat membaca Alquran sebagai (Y2). Dan Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII (delapan) MTs Al-Washliyah Pancur Batu dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) melalui teknik random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang siswa untuk kelas eksperimen dan untuk kelas kontrol berjumlah 30 orang siswa. Data di analisis dengan uji analisis varian (Anava) dua jalur. Sebelum digunakan uji analisis varian (Anava) dua jalur terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dalam penelitian dan normalitas dalam penelitian ini dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata tes hasil belajar kelas eksperimen adalah 10,208 dengan nilai signifikan (sig) α = 0,002 dengan 0 < α = 0,05 maka tidak terdapat pengaruh strategi CTL terhadap hasil belajar materi bacaan Mad Layyin, Mad `Aridl Lissukun, Mad Iwadl, Mad Badal dan Mad Tamkin pada siswa kelas VIII MTs Al-Washliyah Pancur Batu. Untuk rata-rata data angket minat membaca Alquran siswa kelas eksperimen adalah 13,430 dengan nilai signifikan (sig) α = 0,001 dengan 0 <α = 0,05 maka tidak terdapat pengaruh strategi CTL terhadap minat membaca Alquran materi bacaan Mad Layyin, Mad `Aridl Lissukun, Mad Iwadl, Mad Badal dan Mad Tamkin pada siswa kelas VIII MTs Al-Washliyah Pancur Batu.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 20 Mar 2017 09:26
Last Modified: 09 Jul 2019 08:22
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1400

Actions (login required)

View Item View Item