Pengaruh bimbingan kelompok terhadap positif thinking siswa dalam menanggapi kritikan guru di kelas VIII VIII PAB 2 Sampali

Lubis, Riska Padilah (2019) Pengaruh bimbingan kelompok terhadap positif thinking siswa dalam menanggapi kritikan guru di kelas VIII VIII PAB 2 Sampali. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ALHAMDULILLAH ESPEDE.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap positif thinking siswa dalam menanggapi kritikan guru di kelas VIII MTs PAB 2 Sampali tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa dari jumlah populasi 81 siswa. Adapun instrument pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembaran kuisioner/angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil analisis statistic dengan menggunakan uji Wilcoxon diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap positif thinking siswa dalam menanggapi kritikan guru antara kondisi pretest dan posttest, pada kelompok eksperimen pretest, yang ditunjukkan oleh koefisien kolmogorof-smirnov sebesar 0,691 dengan ɑ > 0,05. Sedangkan dari hasil analisis kelompok eksperimen posttest, yang ditunjukkan oleh koefisien kolmogorof-smirnov sebesar 0,447 dengan ɑ > 0,05. Dilihat dari rata-rata menunjukkan bahwa positif thinking siswa dalam menanggapi kritikan guru di kondisi posttest mengalami peningkatan dibandingkan dengan kondisi pretest. (rata-rata positif thinking siswa dalam meanggapi krtikan guru pretest = 119.2 sedangkan posttest = 121,37). Hasil analisis statistic dengan uji Wilcoxon menunjukkan Asymp. Sig (2-talled) bernilai 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh bimbingan kelompok terhadap positif thinking siswa dalam menanggapi kritikan guru di kelas VIII MTs PAB 2 Sampali

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok, Positif Thinking
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 23 Mar 2022 07:37
Last Modified: 23 Mar 2022 07:37
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13960

Actions (login required)

View Item View Item