Pengaruh Strategi Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Melalui Media Teka-Teki Silang(TTS) Dan Flipchart Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Materi Struktur Dan Fungsi Pada Tumbuhan Kelas VIII Di SMP Swasta Al- Manar Medan

Rahmadani, Nova (2021) Pengaruh Strategi Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Melalui Media Teka-Teki Silang(TTS) Dan Flipchart Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Materi Struktur Dan Fungsi Pada Tumbuhan Kelas VIII Di SMP Swasta Al- Manar Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
0310162057_Nova Rahmadani_.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah strategi pembelajarancontextual Teaching and Learning melalui media teka-teki silang dan flipchart, secara simultan berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi struktur dan fungsi pada tumbuhan di SMP Swasta Al-Manar Medan. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran CTL (Contextual Teaching andLearning) melalui media teka-teki silang dan flipchart terhadap hasil belajar biologi siswa dengan yang tidak dibelajarkan di SMP Swasta Al-Manar Medan. Populasi dan sampel dalam penelitian adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari 3kelas yaitu 2 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol, di setiap kelasnya berjumlah20orang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperiment (Eksperimen semu). Instrumen dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar siswa dalam bentuk soal pilihan berganda yaitu pretest dan posttest sebesar 20 soal yang telah divalidasikan oleh validator isi dan validator angka ialah dosendan siswa. Analisis data menggunakan ANOVA (One way anova) dan uji lanjut (Pos hoc tes). Hasil penelitian menunjukkan secara parsial bahwa perbedaan hasil belajar yangdiajarkan dengan strategi pembelajaran melalui kedua media serta yang tidakdiajarkan sangat signifikan. Perbedaan dapat pula dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran contextual teachingand learning melalui media teka-teki silang dan flipchart serta yang tidak diajarkandiperoleh nilai rata-rata sebesar 78,25, 80,00 dan 47,5. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara yangdiajarkan dengan strategi pembelajaran contextual teaching and learning melalui media teka-teki silang dan flipchart serta yang tidak diajarkan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 18 Mar 2022 04:17
Last Modified: 18 Mar 2022 04:17
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13954

Actions (login required)

View Item View Item