Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengelola Sarana Pra Sarana Pendidikan Di SMP Krakatau Medan

Siregar, Harlinda Zulkaidah (2021) Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengelola Sarana Pra Sarana Pendidikan Di SMP Krakatau Medan. Jurnal Malay: Manajemen Pendidikan Islam & Budaya, 1 (2). ISSN 2775-2380

[img]
Preview
Text
MALAY 2 (Harlinda Zulkaidah Siregar).pdf

Download (441kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepemimpinan kepala sekolah dalam pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan yang terdiri dari perencanaan sarana dan prasarana, pemeliharaan sarana dan prasarana, pengawasan sarana dan prasarana pendidikan di SMP Krakatau Medan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan penelitian ini yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang sarana prasarana, staf tata usaha dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan pengujian keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, transfer, ketergantungan dan kesesuaian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola perencanaan sarana dan Prasarana di SMP Krakatau Medan yaitu sebagai manajer yang menyusun perencanaan pengadaan sarana dana prasarana yang akan dibutuhkan, membuat panitia perencanaan, melaksanakan rapat perencanaan dengan menganalisis kebutuhan guna mengenali catatan kebutuhan fasilitas serta prasarana apa saja yang hendak dibeli ataupun diadakan sesuai anggaran pihak sekolah. 2). Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola pengawasan sarana dan prasarana di SMP Krakatau Medan yaitu dapat dikatakan cukup baik, kepala sekolah terjun langsung baik itu perihal perencanaan pengadaan hingga dengan pemeliharaan serta hendak di diskusikan dengan pihak staf tata usaha. Kepala sekolah langsung terjun untuk melihat keadaan, dan tidak langsung kepala sekolah melihat laporan dari kepala tata usaha tentang sarana prasarana yang dimiliki.3). Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola pemeliharaan sarana dan prasarana di SMP Krakatau Medan yaitu kepala sekolah melakukan pemantauan terhadap keberadaan serta kondisi peralatan secara rutin bila ada yang rusak langsung dilakukan perbaikan dan kepala sekolah melibatkan semua warga sekolah untuk selalu menjaga fasilitas yang dimiliki dan memberikan arahan atau bimbingan untuk selalu menjaga keamanan sarana dan prasarana yang dimiliki agar tidak rusak.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 16 Mar 2022 05:28
Last Modified: 16 Mar 2022 05:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13951

Actions (login required)

View Item View Item