Harahap, Nuraminah (2021) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran IPA Materi Perubahan Lingkungan Di Kelas V SD Negeri 064969 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
|
Text
SKRIPSI NURAMINAH HARAHAP.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk Mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA sebelum menggunakan Model kooperatif jigsaw di kelas V SDN 064969 Kelurahan Sidorejo Hilir. (2) Untuk mengetahui proses penggunaan model kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran IPA di kelas V SDN 064969 Kelurahan Sidorejo Hilir . Hasil analisis data pada. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan tahapan atau siklus, yaitu siklus I dan siklus II subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 064969 Sidorejo Hilir, Kecamatan Medan Tembung di semester Ganjil sebanyak 20 siswa. Dari hasil temuan penelitian tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan Model Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar, Hasil belajar siswa setelah menggunakan model Jigaw yaitu pada siklus I nilai rata-rata kelas 60,49 (40%) dengan tingkat ketuntasan dengan tingkat ketuntasan 13 orang siswa. Sedangkan pada siklus II di yang tuntas berjumlah 17 orang dengan persentase 72,85 (70%). Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memahami materi perubahan lingkungan telah mencapai tingkat ketuntasan.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Meningkatkan Hasil Belajar, Model Kooperati Tipe Jigsaw |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 11 Mar 2022 07:00 |
Last Modified: | 11 Mar 2022 07:00 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13942 |
Actions (login required)
View Item |