Pengaruh Penggunaan Metode Card Sort Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Di Kelas VII MTsN 5 Pasaman Barat Tahun Ajaran 2020/2021

Aini, Latifah (2021) Pengaruh Penggunaan Metode Card Sort Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Di Kelas VII MTsN 5 Pasaman Barat Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Latifah Aini 0309173123.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan metode pembelajaran card sort terhadap hasil belajar IPS kelas VII di MTsN 5 Pasaman Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi-experiment dengan desain post test only control desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 5 Pasaman Barat semester I tahun ajaran 2020/2021 yang terdapat dua kelas, yaitu kelas VII-A 26 siswa dan VII-B 25 siswa. Sehingga jumlah populasi berjumlah 51 siswa. Pengambilan sampel yang digunkan pada penelitian ini adalah teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes pilihan berganda. Analisis data dilakukan dengan menggunakan independent sample t-test dengan bantuan SPSS versi 20. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode pembelajaran card sort terhadap hasil belajar IPS di MTsN 5 Pasaman Barat. Hal ini terbukti dengan nilai Independent Sampel Test bahwa nilai pada kolom Equal Variance Assumed hasil nilai thitung = 8,410 dengan nilai Sig (2- tailed) 0,000. Untuk mengetahui nilai distribusi ttabel dilihat dari berdasarkan df =48 dengan taraf signifikan α = 0,05 adalah 2,011. Oleh Karena itu nilai -thitung< -ttabel (8,410> 2,011) H0 ditolak Ha diterima. Artinya hipotesis menyatakan “TerdapatPengaruh Penggunaan Metode Card Sort Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS di Kelas VII MTsN 5 Pasaman Barat Tahun Ajaran 2020/2021

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 18 Mar 2022 05:31
Last Modified: 18 Mar 2022 05:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13923

Actions (login required)

View Item View Item