Perbedaan kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dan Problem Based Learning (PBL) pada materitrigonometri di kelas X SMA Negeri 1 Kualuh Hulu Tahun Pelajaran 2019-2020

Nuryani, Meifi (2019) Perbedaan kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dan Problem Based Learning (PBL) pada materitrigonometri di kelas X SMA Negeri 1 Kualuh Hulu Tahun Pelajaran 2019-2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP DAN LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan representasi matematis siswa kemampuan berfikir yang menuntut siswa untuk mampu mencerna dan memodifikasi informasi secara matematis. Kemampuan siswa berfikir mencerna dan memodifikasi informasi tersebut dapat dicapai melalui penerapan model pembelajaran matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan menggunakan model RME dan PBL pada materi Trigonometri pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kualuh Hulu Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperiment. Populasinya seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kualuh Hulu Tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 10 kelas, dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling sehingga diperoleh 2 kelaseksperimen, yaitu kelas X IPS-1 dan X IPS-2. Adapun instrumen yang digunakan terdiri dari; tes kemampuan pemecahan masalah matematis berupa Pretest dan post-test.. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan uji t dengan uji persyaratan yang telah terpenuhi dengan sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan varians yang homogen pada tes awal maupun akhir. Hasil tes awal yang dilakukan ditemukan bahwa tidak terdapat perbedaan antar akelas yang menerapkan model RME dan PBL. Namun pada tes akhir ditemukan bahwa terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara kedua kelas tersebut. Pada kelas dengan model RME diperoleh nilai rata-rata 72,9167 dengan simpangan baku sebesar 11,7968, sedangkan untuk model PBL diperoleh nilai rata-rata sebesar 62,9722 dengan simpangan baku sebesar 14,0641. Kemampuan representasi matematis siswa yang diajar dengan model RME lebih baik dari model PBL.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Representasi Matematis, Model Pembelajaran Mathematics Education, Model Pembelajaran Problem Based Learning.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 25 Feb 2022 07:49
Last Modified: 25 Feb 2022 07:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13865

Actions (login required)

View Item View Item