Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Dalam Pembelajaran Fiqih di MTS TPI Tanjung Putus Kabupaten Langkat 2015/2016

Nasution, Roby Nurul Lail Putra (2016) Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Dalam Pembelajaran Fiqih di MTS TPI Tanjung Putus Kabupaten Langkat 2015/2016. Post-Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS PDF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mengetahui Persiapan Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual di MTs TPI Tanjung Putus Kabupaten Langkat. (2) Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual di MTs TPI Tanjung Putus Kabupaten Langkat. (3) Hasil Pembelajaran dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Kontekstual diMTs TPI Tanjung Putus Kabupaten Langkat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Proses pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, Penyajian Data, Verification atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Persiapan penerapan pelaksanaan pembelajaran Fiqih di MTS TPI Tanjung Putus adalah guru merencanakan pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, strategi pembelajaran, media pembelajaran, masyarakat belajar, dan evaluasi. Berdasarkan hal tersebut, persiapan pelaksanaan pembelajaran Fiqih di MTS TPI Tanjung Putus sangat baik. (2) Pelaksanaan pembelajaran Fiqih di MTS TPI Tanjung Putus dengan menggunakan strategi pembelajaran kontekstual adalah guru mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan nyata siswa/i sehingga dalam pembelajaran fiqih siswa menjadi lebih aktif, kreatif, dan inovatif. (3) Hasil pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran Fiqih di MTS TPI Tanjung Putus memberika keberhasilan terhadap siswa/i dapat mengajarkan dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari mereka, serta prestasi belajar mereka meningkat selama pembelajaran fiqih dilakukan dengan menggunakan strategi kontekstual.

Jenis Item: Skripsi (Post-Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Motede Pembelajaran, Pembelajaran Fiqih, MTS TPI Tanjung Putus, langkat
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 21 Feb 2022 06:15
Last Modified: 21 Feb 2022 06:15
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13800

Actions (login required)

View Item View Item