Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penerapan Ukhuwah Islamiyah Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Ar-Rahman Percut Kabupaten Deli Serdang

Abdi, Wahyu (2021) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penerapan Ukhuwah Islamiyah Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Ar-Rahman Percut Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi Wahyu Abdi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI), faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan ukhuwah Islamiyah siswa di SMP Ar-Rahman Percut Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dilaksanakan sejak September 2020 sampai Desember 2020 di SMP Ar-Rahman Percut Kabupaten Deli Serdang. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, pembantu kepala sekolah (PKS), Guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa-siswi SMP Ar-Rahman Percut. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, waktu, dan teknik. Selanjutnya teknik analisis data interaktif yakni reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini ialah (1)Perencanaan dalam penerapan ukhuwah Islamiyah siswa SMP Ar-Rahman Percut sudah disusun dengan matang oleh guru PAI bersama kepala sekolah dan wakil kepala SMP Ar-Rahman Percut. (2)Penerapan ukhuwah Islamiyah siswa di SMP Ar-Rahman Percut sudah berjalan dengan baik, dilihat dari perilaku siswa dan terlaksananya kegiatan yang menerapkan ukhuwah Islamiyah. (3)Faktor pendukung penerapan ukhuwah Islamiyah siswa di SMP Ar-Rahman yakni didasari visi dan misi sekolah yang berbasis Islam, dukungan pimpinan sekolah dan seluruh guru, tersedianya sarana dan pra sarana, serta dukungan orang tua siswa dalam penerapan ukhuwah Islamiyah siswa di luar sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah berkaitan dengan perbedaan karakter dan kepribadian setiap siswa, faktor pendidikan dan pemahaman agama orang tua siswa serta lingkungan pergaulan siswa yang turut mempengaruhi pendidikan kepada anak di luar sekolah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Pendidikan Agama Islam, Ukhuwah Islamiyah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 18 Feb 2022 08:49
Last Modified: 18 Feb 2022 08:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13789

Actions (login required)

View Item View Item