Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Siklus Air dengan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual (Video) pada Siswa Kelas V SD Negeri 050759 Securai Kabupaten Langkat

Sembiring, Ima Amarani (2021) Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Siklus Air dengan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual (Video) pada Siswa Kelas V SD Negeri 050759 Securai Kabupaten Langkat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI IMA AMARANI SEMBIRING.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 050759 Securai Kabupaten Langkat, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media Audio Visual (video) sebagai sasaran utama yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media audio visual (video) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi Siklus Air. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 20 siswa. Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulis melakukan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menguraikan persentase yang digunakan. Setelah pelaksanaan kegiatan pra siklus diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 3 siswa (15%) dengan nilai rata-rata 47,5. Setelah pelaksanaan siklus I dengan menngunakan media audio visual (video) diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 8 siswa (40%) dengan nilai rata-rata 68. Dan pada siklus II diperoleh peningkatan hasil belajar hal ini dapat dilihat dari jumlah siswa yang mencapai ketuntasan yaitu berjumlah 16 sisiwa (80%) dengan nilai rata-rata 83,5 Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media audio visual (video) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 050759 Securai Kabupaten Langkat pada pelajaran IPA materi Siklus Air.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 18 Feb 2022 07:27
Last Modified: 18 Feb 2022 07:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13771

Actions (login required)

View Item View Item