Peranan guru BK dalam meningkatkan motif altruistik siswa di MTs Swasta Citra Abdi Negoro Kabupaten Batu Bara

Ramadani, Indah Rizki (2018) Peranan guru BK dalam meningkatkan motif altruistik siswa di MTs Swasta Citra Abdi Negoro Kabupaten Batu Bara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (943kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan peranan guru BK dalam meningkatkan motif altruistik siswa di MTs Swasta Citra Abdi Negoro Kabupaten Batu Bara. Namun, secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan guru BK dalam meningkatkan motif altruistik siswa melalui layanan informasi di MTs Swasta Citra Abdi Negoro Kabupaten Batu Bara. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yang menjadi instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, data yang diperoleh dari dua sumber data yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, adapun teknik analisis data dilakukan secara reduksi data (pengumpulan data), penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan guru BK dalam meningkatkan motif altruistik siswa di MTs Swasta Citra Abdi Negoro Kabupaten Batu Baramelalui layanan informasi yang diberikan oleh guru BK kepada siswa menunjukkan hasil yang positif dan berjalan efektif sebagaimana mestinya.Adapun penyebab siswa kurang memiliki motif altruistik disebabkan dari dua faktor yaitu internal dan eksternal yang ditunjukkan dari sikap siswa kepada teman-temannya yang tidak peduli, bahkan tak jarang siswa yang enggan membantu temannya pada saat temannya mengalami kesulitan. Perananguru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motif altruistik siswa melalui layanan informasi dengan tahapan kegiatan pengantaran, penjajakan, penafsiran, pembinaan, dan penilaian. Sehingga membuat sikap siswa mengalami perubahan yang sangat bervariasi, beberapa siswa mampu mengamalkan nasihat dari guru pembimbing sehingga sebagian siswa tumbuh motif altruistik dalam dirinya, akan tetapi sebagian juga siswa tidak mampu mengamalkan nasihat dan arahan yang diberikan guru pembimbing, hal tersebut yang membuat sebagaian siswa cuek atau tidak mau tahu masalah atau kekurangan dari setiap sesama teman, artinya tidak ada rasa tolong menolong

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peranan guru BK, Motif Altruistik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 16 Feb 2022 04:50
Last Modified: 16 Feb 2022 04:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13720

Actions (login required)

View Item View Item