Pengembangan Media Pembelajaran Handout Berbasis Gambar pada Pembelajaran Matematika Kelas XII MAS Tahfizhil Qur'an Islamic Centre Tahun Ajaran 2020/2021

Nurhayati, Nurhayati (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Handout Berbasis Gambar pada Pembelajaran Matematika Kelas XII MAS Tahfizhil Qur'an Islamic Centre Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
NURHAYATI-1.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) mendeskripsikan tahapan- tahapan dalam pengembangan media pembelajaran handout berbasis gambar pada pembelajaran matematika pada materi ajar dimensi tiga di kelas XII MAS Tahfizhil Qur’an Islamic Centre (2) untuk mengetahui handout berbasis gambar yang baik terhadap pembelajaran matematika pada materi dimensi tiga di kelas XII MAS Tahfizhil Qur’an Islamic Centre. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development)/R&D. Pada penelitian dan pengembangan ini peneliti hanya menggunakan 5 tahapan yaitu (1) tahap melakukan perencanaan yang terdiri dari observasi lapangan dan studi pustaka, (2) tahap pengembangan produk awal yang terdiri dari desain produk, (3) tahap validasi ahli yang terdiri dari validasi oleh ahli dan revisi produk, (4) tahap uji coba produk yang terdiri dari uji coba terbatas dan uji coba luas, (5) pengembangan produk akhir. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran handout berbasis gambar pada pembelajaran matematika dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran matematika pada materi dimensi tiga karena dikategorikan valid, menarik, dan efektif. Produk masuk kategori valid karena berdasarkan hasil validasi ahli materi mendapatkan skor 72,5% dan validasi ahli media mendapatkan skor 70%, Produk masuk kategori menarik karena berdasarkan penyebaran angket pada uji coba terbatas mendapatkan skor rata-rata 83%, dan pada uji coba luas diperoleh skor rata-rata 88%. Produk masuk kategori efektif karena berdasarkan hasil belajar siswa, diperoleh bawah persentase ketuntasan belajar klasikal yang diperoleh siswa adalh 86% dan telah mencapai target yang telah ditetapkan sekolah yaitu 85%.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media Pembelajaran Handout Berbasis Gambar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 Feb 2022 04:56
Last Modified: 15 Feb 2022 04:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13712

Actions (login required)

View Item View Item