Implementasi Supervisi Manajerial dalam meningkatkan kinerja guru di sekolah menengah atas negeri 1 Tanjungbalai

Wahyuni, Wahyuni (2022) Implementasi Supervisi Manajerial dalam meningkatkan kinerja guru di sekolah menengah atas negeri 1 Tanjungbalai. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
PERPUS UINSU.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi supervisi manajerial dalam meningkatkan kinerja sekolah di SMA Negeri 1 Tanjungbalai.Adapun Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kegiatan supervisi manajerial dalam meningkatkan kinerja sekolah, untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh supervisi menejerial dalam meningkatkan kinerja sekolah, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi supervisi manajerial dalam meningkatkan kinerja sekolah di SMA Negeri 1 Tanjungbalai. Temuan penelitian ini adalah: (1) kegiatan supervisi manajerial dalam meningkatkan kinerja sekolah dengan melakukan supervisi langsung dan supervisi tidak langsung. Supervisi langsung dengan bentuk teguran atau bimbingan. Dan observasi tidak langsung dengan cara mensupervisi dari laporan-laporan. (2) upaya yang dilakukan supervisi manajerial dalam meningkatkan kinerja sekolah dengan penentuan berbagai kebijakan yang diperlukan, pembaharuan jalan keluar berbagai permasalahan yang dihadapi oleh seluruh pegawainya dan menyediakan sarana dan prasarana bagi pengembangan sekolah. (3) faktor pendukung supervisi manajerial dalam meningkatkan kinerja sekolah adanya kesadaran dari para pegawai administrasi di sekolah untuk meningkatkan kinerja mereka. Dan faktor penghambat dari supervisi manajerial dalam meningkatkan kinerja sekolah adalah belum banyaknya bentuk- bentuk pelatihan untuk pegawai serta masih adanya sarana yang belum maksimal

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Manajerial, Kinerja Sekolah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Feb 2022 04:56
Last Modified: 14 Feb 2022 04:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13691

Actions (login required)

View Item View Item