ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAHMATEMATIKA DI KELAS VIII SMP IT ANNUR PRIMA MEDAN T.P. 2017/2018

Anggraini, Kiki Nuh (2018) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAHMATEMATIKA DI KELAS VIII SMP IT ANNUR PRIMA MEDAN T.P. 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI KIKI NUH ANGGRAINI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui: (i) Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) dan (ii) Penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian seluruh siswa kelas VIII Putra SMP IT Annur Prima yang berjumlah 27 siswa,. Instrumen yang digunakan ialah tes, wawancara, dan dokumentasi. Tes yang digunakan ialah tes kemampuan pemecahan masalah terdiri dari tiga buah soal dalam bentuk esai. Serta teknik analisis data dalam penelitian ini adalah; (a) Reduksi data, (b) Penyajian data, dan (c) Penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data penelitian mengenai kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika di kelas VIII SMP IT Annur Prima pada materi sistem persamaan linier dua variabel berdasarkan tahap-tahap polya dapat disimpulkan bahwa: (i) Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika yang terbentuk dalam tiga kategori yaitu kategori kemampuan siswa tinggi, sedang, dan rendah. Sehingga hasil tes siswa kelas VIII SMP IT Annur Prima memperoleh nilai rata-rata 75,926. Dengan jumlah siswa yang memperoleh nilai tinggi sebanyak 5 siswa atau sebesar 18,519 %, yang memperoleh kategori sedang sebanyak 17 siswa atau sebesar 62,962 %, dan yang memperoleh kategori rendah sebanyak 5 siswa atau sebesar 18,519 %. (ii) Penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika yang dilihat berdasarkan hasil tes lembar jawaban siswa dan hasil tes wawancara maka, faktor penyebab kesalahan siswa terdiri atas; kesalahan konsep, kesalahan prosedur, dan kesalahan teknis sesuai dengan tahap-tahap pengerjaan model polya yaitu; (1) memahami masalah, (2) merencanakan pemecahan masalah, (3) melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan (4) mengecek atau memeriksa kembali. Maka kesalahan yang banyak terjadi yaitu kesalahan prosedur dan kesalahan teknis yang terjadi pada siswa yang memiliki tingkat kemampuan sedang dan rendah, yang mendominasi adalah siswa yang memiliki tingkat kemampuan rendah

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Langkah-langkah Polya
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 11 Feb 2022 06:20
Last Modified: 11 Feb 2022 06:20
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13668

Actions (login required)

View Item View Item