Bimbingan mental terhadap anak autis di Persatuan Kebangsaan Autisme Malaysia Kuantan Pahang Darul Makmur

Azman, Muhamad Mukarram bin Kamarul (2018) Bimbingan mental terhadap anak autis di Persatuan Kebangsaan Autisme Malaysia Kuantan Pahang Darul Makmur. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
MUHAMMAD MUKARRAM BIN KAMARUL AZMAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui layanan informasi yang dilaksanakan untuk anak autis di Persatuan Kebangsaan Autis Malaysia Kuantan Pahang. Sedangkan secara khusus tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan bimbingan mental yang diberikan oleh pembimbing Persatuan Kebangsaan Autis Malaysia Kuantan dalam membentuk jati diri pelajar autis serta hambatan-hambatan yang dialami oleh pembimbing dalam menangani disiplin dan perilaku anak autis serta mengetahui keefektifan dari layanan informasi yang telah diberikan kepada mereka. Penelitian ini adalah studi lapangan dan jenis penelitiannya adalah penelitian kualitatif. Informan utama adalah konselor/pembimbing Persatuan Kebangsaan Autis Malaysia Kuantan. Penelitian kualitatif adalah suatu pendekatan yang juga disebut pendekatan investigasi karena biasanya peneliti mengumpulkan data dengan cara bertatap muka langsung dan berinteraksi dengan orang-orang di tempat penelitian. Dari penelitian yang dilakukan, maka hasil yang didapati adalah bahwa layanan informasi yang diberikan oleh konselor/pegawai di Persatuan Kebangsaan Autis Malaysia Kuantan dapat membantu pelajar autis untuk membentuk jati dirinya yang lebih baik sesuai dengan proses konseling yang dijalankan. Selain itu juga, hambatan yang dihadapi oleh konselor atau pembimbing tidak terlalu banyak dan dampak dari layanan informasi ini dapat dilihat apabila pembimbing mampu tampil dengan lebih yakin di hadapan umum khususnya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Pendidikan khusus (spt.: pendidikan tuna netra)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 09 Feb 2022 07:36
Last Modified: 09 Feb 2022 07:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13634

Actions (login required)

View Item View Item