Pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SD Muhammadiyah 18 Medan Perjuangan

Rizki, Muhammad (2020) Pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SD Muhammadiyah 18 Medan Perjuangan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUHAMMAD RIZKI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui hasil belajar tanpa menggunakan model pembelajaran Mind Mapping pada pelajaran IPS materi persiapan kemerdekaan Indonesia kelas V SD Muhammadiyah 18 Medan, (2) hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping pada pelajaran IPS materi persiapan kemerdekaan Indonesia kelas V SD Muhammadiyah 18 Medan dan (3) mengetahui pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi persiapan kemerdekaan Indonesia kelas V SD Muhammadiyah 18 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen (semu). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen, dengan teknik pengambilan sampel secara Sampling Jenuh atau sering disebut total sampling. Dalam desain ini dilakukan te pre-test post-tes. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V-A berjumlah 37 sebagai kelas eksperimen dan kelas V-B sebagai kelas kontrol berjumlah 37 sehingga total 74 Siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas V SD Muhammadiyah 18 Medan Perjuangan maka diperoleh data analisis sebagai berikut : 1.) hasil belajar pada kelas tanpa menggunakan model pembelajaran Mind Mapping diperoleh nilai pretes 37,03 dan nilai postes 72,97 dengan selisih rata-rata kenaikan hasil belajar 35,94. 2.) hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping diperoleh pretes 45,27 dan postes 84,32 sehingga pada kelas Eksperimen diperolehselisih rata-rata kenaikan hasil belajar 39,05. 3.) Berdasarkan dari hasil uji t dimana diperoleh Sig. (2. tailed) < 0,05 (0,00 < 0,05) yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Mind Mapping dengan hasil belajar IPS siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping berpengaruh terhadap hasil belajar siswa IPS kelas V SD Muhammadiyah 18 Kota Medan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Mind Mapping , Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 09 Feb 2022 04:30
Last Modified: 09 Feb 2022 04:30
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13626

Actions (login required)

View Item View Item