Masganti, Masganti and Arlina, Arlina and Widai, Widai (2021) Dampak Permainan Super Smart Kids Terhadap Kecerdasan Logika-Matematika Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9 (3). ISSN 2613-9650
|
Text
(httpsejournal.undiksha.ac.idindex.phpJJPAUDarticleview3685520535).pdf Download (298kB) | Preview |
Abstract
Kecerdasan logika-matematika sangat penting bagi kehidupan anak. Namun masih ditemukan bahwa 10 dari 18 anak usia dini yang memiliki kecerdasan logika-matematika yang rendah, belum mampu berhitung tanpa bantuan guru, dan mengetahui angka karena hafal lirik lagu urutan angka bukan memahami kuantitas angka yang dimaksud. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak permainan super smart kids terhadap kecerdasan logikamatematika anak usia dini.. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Experimental tipe Non-equivalent Control Group. sampel yaitu 36 orang anak usia 5-6 tahun, yang terdiri dari 18 anak kelompok B1 dan 18 anak kelompok B2. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi terstruktur menggunakan instrumen lembar observasi. Teknik analisis ada yang digunakan yaitu uji-t. Hasil penelitian membuktikan bahwa permainan super smart kids dapat mempengaruhi kecerdasan logika-Matematika anak usia dini hal ini ditunjukkan oleh skor skor thitung sebesar 4,500 lebih tinggi daripada skor ttabel yaitu 2,101. Jadi, permainan super smart kids sangat direkomendasikan dalam proses pembelajaran, khususnya untuk meningkatkan kemampuan matematis, berfikir logis, dan kecerdasan logika-matematika anak usia dini.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 06 Feb 2022 07:57 |
Last Modified: | 12 Aug 2022 06:15 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13589 |
Actions (login required)
View Item |