Nurhidayah, Nurhidayah and Sinaga, Ali Imran and Arlina, Arlina (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Market Place Activity Pada Mata Pelajaran Fikih Di Kelas VIII Mts Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung. Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam, 10 (1). ISSN 2086-4191
|
Text
Jurnal Tazkiyah, Vol 10, No 1 (2021).pdf Download (984kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode Market Place Activity pada mata pelajaran Fikih di kelas VIII MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung. (2) Hasil belajar siswa sesudah menggunakan metode Market Place Activity pada mata pelajaran Fikih di kelas VIII MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah kelas VIII MTs AlJam’iyatul Washliyah Tembung, yang terdiri dari 32 siswa. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: (1) Hasil Pre Test yang dilakukan hanya 5 siswa yang mampu mencapai nilai ketuntasan, sementara 27 siswa lainnya tidak tuntas, rata-rata nilai yang diperoleh 60 dengan persentase klasikal 16%. (2) Pada siklus I yang mampu mencapai nilai ketuntasan hanya 9 siswa sementara 23 siswa lainnya belum mencapai nilai ketuntasan dengan ratarata nilai 68 persentase klasikal 28%. Kemudian pada siklus II siswa yang sudah mampu mencapai nilai ketuntasan sebanyak 28 siswa sedangkan siswa yang belum tuntas berjumlah 4 siswa dengan nilai rata-rata 80 dan persentase klasikal 87%. Berdasarkan hal di atas maka metode Market Place Activity dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 06 Feb 2022 07:39 |
Last Modified: | 12 Aug 2022 06:15 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13586 |
Actions (login required)
View Item |