Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini Di RA Amanah Amaliyah

Khadijah, Khadijah and Arlina, Arlina and Rahmadani, Rizka Amalia (2021) Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini Di RA Amanah Amaliyah. Jurnal Raudhah, 9 (1). ISSN 2716-2435

[img]
Preview
Text
Jurnal Raudhah, Vol. 9 No. 1, Januari-Juni 2021.pdf

Download (239kB) | Preview

Abstract

Kemampuan mengenal huruf merupakan pondasi atau kemampuan awal di bidang bahasa dan keaksaraan yang harus dimiliki anak agar dapat memahami informasi dalam bentuk tulisan. Namun hasil observasi awal di RA Amanah Amaliyah menunjukkan bahwa kemampuan mengenal huruf anak usia dini belum semuanya berkembang optimal. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini. Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas (PTK) desain Kurt Lewin melalui empat tahapan dan dua siklus. Subjek pada penelitian ini yaitu anak usia 4-5 tahun. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman wawancara dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran pada siklus I sebanyak 13 orang (65%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 15,05 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 20 orang (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 23,6. Pada penelitian ini juga ditemukan bahwa anak lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran karena media audio visual mendukung anak berperan aktif dalam proses pembelajaran dan menarik perhatian anak.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 06 Feb 2022 07:33
Last Modified: 12 Aug 2022 06:15
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13585

Actions (login required)

View Item View Item