Maharani, Savira (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Self Efficacy Siswa pada Mata Pelajaran IPS Materi Kegiatan Ekonomi terhadap Kesejahteraan Masyarakat SD Negeri 101865 Batang Kuis di Kabupaten Deli Serdang T.A 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI SAVIRA MAHARANI PGMI STAMBUK 2017.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Apakah self efficacy siswa pada kelas kontrol setelah diterapkannya metode pembelajaran Ceramah di kelas V SD Negeri 101865 Batang Kuis?, 2) Apakah self efficacy siswa pada kelas eksperimen setelah diterapkannya model pembelajaran Problem Solving di kelas V SD Negeri 101865 Batang Kuis?, 3) Apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Solving terhadap self efficacy siswa kelas V SD Negeri 101865 Batang Kuis?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) self efficacy siswa pada kelas kontrol setelah diterapkannya metode pembelajaran Ceramah, 2) self efficacy siswa pada kelas eksperimen setelah diterapkannya model pembelajaran Problem Solving, 3) adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Solving terhadap peningkatan self efficacy siswa kelas V SD Negeri 101865 Batang Kuis. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang dilakukan di kelas V SD Negeri 101865 Batang Kuis. Peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas V-B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang, dan kelas V-A sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas V SD Negeri 101865 Batang Kuis, menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Problem Solving terhadap self efficacy siswa pada mata pelajaran IPS. Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata dari self efficacy siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving adalah 72,2812. Sedangkan rata-rata self efficacy siswa dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional adalah 68,0714. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) yaitu 0,002 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Problem Solving, Self Efficacy Siswa |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 04 Feb 2022 09:30 |
Last Modified: | 04 Feb 2022 09:30 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13581 |
Actions (login required)
View Item |