Kepemimpinan Guru dalam melaksanakan pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas belajar siswa pada masa Covid-19 di Smp Nur Ihsan Medan

Sartika, Ria (2021) Kepemimpinan Guru dalam melaksanakan pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas belajar siswa pada masa Covid-19 di Smp Nur Ihsan Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
FILE TESIS RIA SARTIKA 2021.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kepemimpinan guru dalam melaksanakan pembelajaran Daring selama masa pandemi, mendeskripsikan dan menjelaskan pelaksanaan pembelajaran Daring dalam meningkatkan efektifitas belajar siswa selama masa pandemi serta mengetahui faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan pembelajaran Daring. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa jumlah 12 orang informan. Proses pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan teknik observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi, peneliti menggunakan teknik analisis milles dan huberman dengan langkah-langkah pemaparan data berupa kata-kata, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, setelah itu dilakukan pemeriksaan keabsahan data secara kridibilitas, keteralihan, ketergantungan dan kepastian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kepemimpinan guru dalam melaksanakan pembelajaran Daring selama masa pandemi di Smp Nur Ihsan Medan berjalan baik, terlihat guru begitu sangat antusias, lebih sabar dalam mengarahkan peserta didik. (2) Pelaksanaan pembelajaran Daring di Smp Nur Ihsan kurang efektif dilaksanakan. (3) Faktor penghambat dalam melaksanakan pembelajaran Daring di Smp Nur Ihsan yaitu jaringan internet baik karena faktor perangkat, kuota internet, dan juga pemahaman siswa terkait IT, dan faktor pendukung yaitu pemberian bantuan berupa kuota internet belajar kepada peserta didik dan guru. Dari penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa kepemimpinan guru dalam melaksanakan pembelajaran di masa pandemic covid 19 ini adalah menjadi pemancar pengetahuan bagi peserta didiknya. Meski pembelajaran kurang efektif selama masa pandemi guru berperan sebagai agen perubahan atau transformasi melalui inspirasi-inspirasi yang diberikan kepada para siswanya di sekolah melalui perencanaan pembelajaran, pengorganisasian kelas melakukan perubahan, mengontrol peserta didik dan orang tua serta melakukan evaluasi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan guru, Daring , Efektivitas Belajar Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Manajemen Pendidikan Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 Feb 2022 04:15
Last Modified: 03 Feb 2022 04:15
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13544

Actions (login required)

View Item View Item