Efektifitas Kepemipinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Guru Di SMK Putra Anda Binjai

Neliwati, Neliwati and Rinaldi, Rahmad and Ritonga, Mutiara (2021) Efektifitas Kepemipinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Guru Di SMK Putra Anda Binjai. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11 (2). ISSN 2460-0733

[img]
Preview
Text
ARTIKEL TIAR S2 MPI .pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Tujuan penulisan ini yaitu untuk melihat keefektivitasan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi guru di SMK Putra Anda Binjai. Penelitian ini bertempat di SMK Putra Anda Binjai yang berlokasi di JL. W.R. Mongonsidi No. 22, Kelurahan Satria, Kabupaten Kota Binjai. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 09 Juni 2021. Subjek penelitian ini yaitu pemilik sekolah yang berperan sebagai pemimpin di SMK Putra Anda Binjai, Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara. Hasil penelitian ini yaitu: (1). Adapun berilaku kepemimpinan di SMK Putra Anda Binjai dalam manajemen kinerja guru ialah Selalu memberikan arahan terhadap kegiatan guru dan aktivitas-aktivitas siswa disekolah, Memberikan motivasi kepada guru dalam menjalankan pembelajaran di sekolah, Selalu berkomunikasi baik dengan semua guru disekolah, Disiplin dan tegas disetiap pengambilan keputusan disekolah, dan Menciptakan hubungan yang kekeluargaan di sekolah baik itu kepada guru siswa dan staf lainnya. (2). Adapun pengaruh terhadap kinerja guru disekolah dapat dilihat dari empat aspek yaitu Aspek kedisiplinan, Aspek keagamaan, Aspek kerja sama, Aspek kepemimpinan. (3). Adapun bentuk strategi manajemen kinerja kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi kinerja guru ialah 1) strategi pemberian tunjangan/gaji/reward, 2) memberikan perhatian kepada guru, 3) memberikan pelatihan guru dalam mengasah keterampilan guru, 4) pemberdayaan guru dalam pengambilan keputusan.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 02 Feb 2022 04:29
Last Modified: 02 Feb 2022 04:29
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13518

Actions (login required)

View Item View Item