Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di Kelas VIII MTs.YPP Aziddin Medan Tahun Pelajaran 2019/2020

Fitria, Dela (2020) Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di Kelas VIII MTs.YPP Aziddin Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
DELA FITRIA_NIM.0305163181.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran matematika berbasis Realistic Mathematic Education (RME) pada materi bangun ruang sisi datar kemudian untuk membahas mengenai proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan dan keefektivan dalam pengembangan modul pembelajaran ini. Model yang digunakan dalam pengembangan modul ini adalah model Sugyono yang terdiri dari sepuluh tahapan pengembangan yakni Potensi Masalah, Mengumpulkan informasi, Desain Produk, Validasi desain, Perbaikan Desain, Uji coba produk, Revisi produk, Uji coba pemakaian, Revisi produk, Pembuatan produk masal. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII MTs. YPP Aziddin Medan yang berjumlah 36 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan ialah modul pembelajaran yang telah melalui proses validasi ahli, angket respon siswa, dan tes kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara kuntitatif dan kualitatif. Hasil pengembangan modul pembelajaran ini menunjukkan bahwa rata-rata skor yang diperoleh menunjukkan kriteia “baik” dan valid untuk diujicobakan dilapangan. Kemudian kepraktisan pengembangan modul ini juga dalam kriteria “baik”. Serta keefektivan modul pembelajaran ini memperoleh rata-rata skor dengan kriteria baik dan layak digunakan sebagai bahan ajar dilapangan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran, Realistic Mathematic Education (RME), Kemampuan Pemahaman Konsep.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 28 Jan 2022 04:48
Last Modified: 28 Jan 2022 04:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13490

Actions (login required)

View Item View Item