Penerapan Konseling Islami Dalam Pembinaan Perilaku Menyimpang Dikalangan Siswa Man 1 Medan

Basri, Muhammad (2016) Penerapan Konseling Islami Dalam Pembinaan Perilaku Menyimpang Dikalangan Siswa Man 1 Medan. Doctoral thesis, Pascasarjana UIN-SU.

[img]
Preview
Text
DISERTASI BASRI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui identifikasi perilaku yang menyimpang dikalangan siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan dan faktor penyebabnya; mengetahui penerapan konseling Islami terhadap perilaku menyimpang dikalangan siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan serta mengetahui perilaku menyimpang dikalangan siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan setelah menerima layanan konseling Islami. Sebagai rumusan masalah penelitian ini ada tiga pertanyaan yang dikemukakan sebagai berikut: Bagaimanakah identifikasi perilaku yang menyimpang di Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan dan faktor penyebabnya; bagaimanakah penerapan konseling Islami terhadap perilaku menyimpang dikalangan Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan; bagaimanakah perilaku menyimpang dikalangan Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan setelah menerima layanan konseling Islami. Dalam metode penelitian, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami penerapan konseling Islami dalam pembinaan perilaku siswa yang menyimpang di Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan. Penelitian kualitatif adalah suatu proses penelitian dan pemahaman yang berdasarkan pada metodologi yang menyelidiki suatu fenomena sosial dan masalah manusia. Pada pendekatan ini, peneliti membuat suatu gambaran kompleks, meneliti kata-kata, laporan terinci dari pandangan responden, dan melakukan studi pada situasi yang alami. Istrumen pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung di lapangan dan wawancara beberapa guru bimbingan konseling di Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan. Subjek penelitian ini ialah semua kegiatan yang berkaitan dengan konseling Islami di Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan, serta ada beberapa orang guru bimbingan konseling yang v ditentukan melalui observasi awal untuk diwawancarai. Kemudian beberapa orang siswa untuk diwawancarai dan observasi melalui pengamatan sehari-hari kepada seluruh siswa. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa perilaku yang menyimpang dikalangan siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan seperti pacaran, mencuri, sering terlambat datang ke sekolah, berkelahi, tidak salat zuhur berjamaah, tidak menyelesaikan pekerjaan rumah, melawan guru serta mencontek dalam ujian dengan pendekatan konseling Islami yang dilakukan oleh guru-guru bimbingan konseling di Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan hasilnya positif. Siswa tidak lagi mengulangi perbuatan yang menyimpang itu dan keluar dari permasalahannya.

Jenis Item: Skripsi (Doctoral)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 09 Mar 2017 08:58
Last Modified: 09 Mar 2017 08:58
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1349

Actions (login required)

View Item View Item