Hubungan Perhatian Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 116257 Kampung Lalang

Pertiwi, Jayanti (2021) Hubungan Perhatian Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 116257 Kampung Lalang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
jayanti-dikonversi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui pengaruh perhatian yang diberikan guru terhadap motivasi belajar siswa. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di SD Negeri 116257 Kampung Lalang. Semua data dianalisis menggunakan analisis kuantitatif menggunakan rumus korela siproduct moment. Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel perhatian guru memperoleh skor tertinggi 78 dan skor terendah 48.Skor ini menunjukkan bahwa perhatian guru kepada siswa masuk dalam kategori baik. Dari skor tersebut diperoleh harga Mean atau rata- rata sebesar 64,32. Rata-rata yang diperoleh menunjukkan bahwa guru memberikan perhatian kepada siswa cukup baik. Arah positif dari perhatian guru menimbulkan nilai median atau nilai tengah bernilai 63,5 dan modus atau nilai yang sering muncul sebesar 60. Standar Deviasi (SD) adalah 8,07 serta nilai varians atau keberagaman skor sebesar 65,13. Hal ini mengindikasikan bahwa perhatian guru dalam pembelajaran dikategorikan baik. Motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 116257 Kampung Lalang mempunyai skor tertinggi 78 dan skor terendah 48 dengan skor rata-rata 67,12. Data ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dalam kategori tinggi. Melalui uji korelasi yang dilakukan didapat koefisiensi korelasi 0,61, bila dikonfirmasikan pada tabel interprestasi nilai r maka harga r tersebut tergolong dalam kategori sedang, artinya motivasi belajar siswa di kelas V SD Negeri 116257 Kampung Lalang dapat ditentukan oleh perhatian guru. Selain itu, besarnya nilai t hitung terhadap t tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara perhatian guru dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 116257 Kampung Lalang.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perhatian Guru Dan Motivasi Belajar Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 28 Jan 2022 04:39
Last Modified: 28 Jan 2022 04:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13488

Actions (login required)

View Item View Item