Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Matematika Realistik dan Kooperatif Tipe Index Card Match Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di Kelas X MAS Amaliyah Sunggal T.P 2020-2021

Rahman, Mhd Fazlul (2021) Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Matematika Realistik dan Kooperatif Tipe Index Card Match Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di Kelas X MAS Amaliyah Sunggal T.P 2020-2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
MHD FAZLUL RAHMAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan model pembelajaran matematika realistik dan kooperatif tipe index card match. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X MAS Amaliyah Sunggal, Tahun ajaran 2020-2021 120 siswa. Sampel yang digunakan adalah kelas X-IPA 1 (kelas eksperimen I) dan kelas X-IPA 2 (kelas eksperimen II). Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA). Hasil temuan ini menunjukan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran matematika relaistik dengan model pembelajaran kooperatif tipe index card match, Fhitung > Ftabel yakni 5,275 > 4,085; 2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran matematika relaistik dengan model pembelajaran kooperatif tipe index card match, Fhitung > Ftabel yakni 4,4 > 4,085; 3) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran matematika relaistik dengan model pembelajaran kooperatif tipe index card match, Fhitung > Ftabel. 9,535 > 3,960. Simpulan dari penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran matematika realistik dan model pembelajaran kooperatif tipe index card match.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan komunikasi matematis dan berpikir kreatif, Model pembelajaran matematika realistik dan model kooperatif tipe index card match
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 28 Jan 2022 04:31
Last Modified: 28 Jan 2022 04:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13484

Actions (login required)

View Item View Item