Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan melalui Model Make a Macth kelas IV SD Negeri 056000 Kampung Baru Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2020/2021.

Nurliza, Nurliza (2021) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan melalui Model Make a Macth kelas IV SD Negeri 056000 Kampung Baru Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURLIZA (0306162108) PGMI 1.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Proses pembelajaran Matematika; 2) Hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model Make a Match mata pelajaran matematika; 3) peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan model Make a Macth. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 056000 Kampung Baru Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat. Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas IV dengan jumlah siswa 22 orang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) Proses Pembelajaran Matematika guru masih menggunakan model konvensional, banyak siswa yang bosan, tegang dan siswa sulit memahami materi pelajaran, sehingga siswa kurang aktif dan suasana kelas tegang dalam proses pembelajaran. 2) Hasil belajar siswa Sebelum menggunakan model pembelajaran Make a Macth nilai rata- rata 55,90 dengan siswa yang tuntas berjumlah 6 siswa (27,27%), hasil Belajar siswa setelah menggunakan model Make a Match berdasarkan hasil penelitian siklus I memiliki nilai rata-rata 62,27 dengan siswa yang tuntas berjumlah 9 siswa (40,90%), namun belum mencapai nilai ketuntasan klasikal, maka perlu dilanjutkan ke siklus II diperoleh nilai rata-rata 68,18 dengan siswa yang tuntas berjumlah 14 siswa (63,63%), namun belum mencapai ketuntasan klasikal, dan perlu dilanjutkan ke siklus III diperoleh nilai rata-rata 75,45 dengan siswa yang tuntas berjumlah 17 siswa (77,27%). 3) Penggunaan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran Make a Match.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa, Model Make a Macth
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 27 Jan 2022 08:51
Last Modified: 27 Jan 2022 08:51
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13476

Actions (login required)

View Item View Item