Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Meningkatkan Kesiapan Belajar Siswa di Sekolah SMK Negeri 13 Medan

Nasution, Hasan Basri (2021) Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Meningkatkan Kesiapan Belajar Siswa di Sekolah SMK Negeri 13 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi hasan full.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 13 Medan. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui 1) Kesiapan belajar siswa 2) upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kesiapan belajar siswa 3) Fakto-faktor yang menjadi penghambat kesiapan belajar siswa SMK 13 Negeri 13 Medan. Subjek dari penelitian ini adalah guru Bimbingan dan konseling yang telah melakukan berbagai upaya berkaitan dalam meningkatkan kesiapan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pengamatan langsung/observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap upaya guru bimbinganan dan konseling dalam meningkatkan kesiapan belajar siswa SMK negeri 13 Medan. Analisis data menggunakan tiga tahapan proses, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, diperoleh hasil bahwa 1) kesiapan belajar siswa tergolong baik dan ada beberapa yang kurang siap dalam untuk mengikuti pembelajaran terlihat ketika pembelajaran di mulai. 2) upaya yang dilakukan guru bimbingan dan konseling adalah meningkatkan percaya diri dan tanggup jawab terhadap pelajar dengan mengaktifkan layanan konseling individual dan konseling kelompok. 3) faktor-faktor yang menjadi penghambat kesiapan belajar siswa meliputi kondisi fisik, psikis, dan kesiapan material yang masih rendah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Guru BK, Kesiapan Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 27 Jan 2022 08:32
Last Modified: 27 Jan 2022 08:32
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13472

Actions (login required)

View Item View Item