Pengaruh Media Pembelajaran Program Geogebra Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Pada Materi Fungsi Kuadrat Kelas XI RPL di SMK Negeri 1 Kutalimbaru Tahun Ajaran 2020/2021

Wulandari, Gita (2020) Pengaruh Media Pembelajaran Program Geogebra Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Pada Materi Fungsi Kuadrat Kelas XI RPL di SMK Negeri 1 Kutalimbaru Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi-Gita Wulandari-Bismillah S.Pd.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh media pembelajaran program Geogebra terhadap motivasi dan hasil belajar pada materi fungsi kuadrat kelas XI RPL di SMK Negeri 1 Kutalimbaru tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis quasi eksperimen. Populasinya adalah peserta didik kelas XI RPL di SMK Negeri 1 Kutalimbaru tahun ajaran 2020/2021 yang terdiri dari 3 kelas berjumlah 103 orang. Kelas XI RPL 1 berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dengan media pembelajaran program Geogebra, dan XI RPL 2 berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol tanpa media pembelajaran program Geogebra. Instrumen dalam penelitian ini berbentuk angket motivasi belajar dan tes uraian . Hasil penelitian, diperoleh uji normalitas kelas eksperimen angket motivasi awal Lhitung = 0,148, dan angket motivasi akhir Lhitung = 0,143. Kelas eksperimen pre-test Lhitung = 0,134 dan post-test Lhitung = 0,157. Kelas kontrol angket motivasi belajar awal Lhitung = 0,083, dan angket motivasi akhir Lhitung = 0,104. Kelas kontrol pre-test Lhitung = 0,145 dan post-test Lhitung = 0,121. Berdasarkan Ltabel = 0,161 data dari kelas eksperimen dan kontrol tersebut dinyatakan berdistribusi normal dengan Lhitung < Ltabel. Uji homogenitas diperoleh hasil angket motivasi belajar awal Fhitung = 1,132, dan nilai angket motivasi belajar akhir Fhitung = 1,010. Nilai pre-test Fhitung = 1,108, dan post-test Fhitung = 1,408. Berdasarkan Ftabel = 1,834 diperoleh Fhitung < Ftabel , sehingga kedua sampel homogen. Uji hipotesis Uji-t, untuk hipotesis pertama diperoleh thitung > ttabel dengan 2,050 > 2,002 menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Hipotesis kedua diperoleh thitung > ttabel dengan 4,212 > 2,002 menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Uji N-Gain Score pengaruh media pembelajaran program Geogebra pada kelas eksperimen nilai angket motivasi belajar g= 0,360 dengan kriteria pengaruh sedang dan tes hasil belajar g = 0,751 kriteria pengaruh tinggi. Sedangkan tanpa program Geogebra pada kelas kontrol nilai angket motivasi belajar g=0, 209, kriteria pengaruh rendah dan tes hasil belajar g = 0,609 kriteria pengaruh sedang. Dengan demikian disimpulkan pembelajaran materi fungsi kuadrat dengan media pembelajaran program Geogebra lebih baik dibandingkan tanpa program Geogebra. Sehingga terdapat pengaruh media pembelajaran program Geogebra terhadap motivasi dan hasil belajar pada materi fungsi kuadrat kelas XI RPL di SMK Negeri 1 Kutalimbaru tahun ajaran 2020/2021.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Program Geogebra, Motivasi, Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 27 Jan 2022 07:46
Last Modified: 27 Jan 2022 07:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13468

Actions (login required)

View Item View Item