Strategi Guru dalam Menanamkan SikapReligius dan Kejujuran Dalam Pembelajaran Matematika (Studi Kasus di Yayasan MTs Nurul Iman Tanjung Morawa) Kabupaten Deli Serdang T.A 2017/2018

Syahputra, Andi (2018) Strategi Guru dalam Menanamkan SikapReligius dan Kejujuran Dalam Pembelajaran Matematika (Studi Kasus di Yayasan MTs Nurul Iman Tanjung Morawa) Kabupaten Deli Serdang T.A 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan sebagai berikut: (1). mendiskripsikan strategi guru dalam menanamkan sikap religius, dan (2) mendiskripsikan strategi guru dalam menanamkan sikap kejujuran dalam pembelajaran matematika. Subjek penelitian adalah guru matematika MTs Nurul Iman Tanjung Morawa. Pembahasan skripsi ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menjelaskan hasil penelitian berupa data yang tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang diamati. Instrumen penelitian dalam metode deskriptif kualitatif adalah peneliti sendiri. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data secara kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam menanamkan sikap religius dalam pembelajaran matematika adalah (1) guru membiasakan sebelum memulai pembelajaran setiap paginya selalu membaca Asmaul Husna, (2) Guru menasehati siswa dengan secara lisan saat siswa ada yang males mengerjakan apa yang diperintahkan oleh guru, (3) guru mengaitkan materi pembelajaran dengan sikap religius, (4) guru menjadi teladan dan bekerjasama dengan sekolah dalam hal membiasakan siswa dalam praktek-praktek keagamaan yang menjadikan siswa lebih memahami pentingnya mengamalkan sikap religius. Strategi guru dalam menanamkan sikap jujur dalam pembelajaran matematika adalah (1) guru bertanya sebelum memulai pembelajaran apakah sebelumnya sudah belajar dirumah anak-anak, (2) Pada proses pembelajaran guru mengingatkan siswa dengan secara lisan untuk jujur dan bertanggung jawab terhadap ilmu matematika dalam proses dan hasil mendapatkan ilmu tersebut, (3) Guru mengingatkan siswa bahwa sikap jujur bermanfaat sepanjang hidup, jika siswa tiidak jujur kemungkinan siswa akan sulit dipercaya, (4) Membangun sikap jujur dalam diri siswa, seorang guru harus memberikan contoh yang konkret dengan cara bersikap jujur dalam setiap kesempatan

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi guru; sikap religius; sikap jujur; pembelajaran matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 27 Jan 2022 01:36
Last Modified: 27 Jan 2022 01:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13454

Actions (login required)

View Item View Item