Pengaruh kompetensi sosial dan motivasi guru pendidikan agama islam terhadap hasil belajar siswa kelas viii di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu al- Hijrah Laut Dendang Kec Percut Sei Tuan Kab Deli Serdang Sumatera Utara

Siregar, Bahtiar (2016) Pengaruh kompetensi sosial dan motivasi guru pendidikan agama islam terhadap hasil belajar siswa kelas viii di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu al- Hijrah Laut Dendang Kec Percut Sei Tuan Kab Deli Serdang Sumatera Utara. Masters thesis, Pascasarjana UIN-SU.

[img]
Preview
Text
tesis bahtiar.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di SMP IT Al_Hijrah Laut Dendang Kecamatan Percut Sei Tuan Kab Deli Serdang Sumatera Utara. Penelitian kuantitatif ini tentang Pengaruh Kompetensi Sosial dan Motivasi Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII. Penelitian ini kurang lebih 3 bulan dilakukan oleh peneliti sehingga mendapat kesimpulan yaitu: Pertama, Terdapat pengaruh antara kompetensi sosial dengan hasil belajar siswa kelas VIII SMP IT Al_Hijrah Laut Dendang, dengan persamaan regresi Ŷ = 33,042 + 0, 637 X 1 . Makna persamaan garis regresi tersebut adalah setiap perubahan satu unit kompetensi sosial guru (X 1 ) akan diikuti perubahan sebesar 0,637 2 = 0,4057 hasil belajar siswa (Y) dengan arah yang sama pada konstanta 33,042, artinya sebesar 40,5% variasi hasil belajar siswa dapat dijelaskan oleh variabel kompetensi sosial guru. Kedua, Terdapat pengaruh antara motivasi mengajar siswa dengan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP It Al-Hijrah Laut Dendang. Dengan persamaan regresi Ŷ = 33,430 + 0,754X 2. Makna persamaan garis regresi tersebut adalah setiap perubahan satu varabel motivasi mengajar guru akan diikuti perubahan sebesar 0,754 2 = 0,5685 hasil belajar siswa kelas VIII SMPI IT-Alhijrah, dengan arah yang sama pada konstanta 33,430, artinya sebesar 56,85% variasi hasil belajar siswa dapat dijelaskan oleh variabel motivasi mengajar guru. Ketiga, Terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi sosial dan motivasi mengajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP IT AL-Hijrah. Dengan persamaan garis regresi Ŷ = 22,209 + 0,385X 1 + 0.373X 2 . Makna persamaan garis regresi tersebut adalah setiap perubahan satuvarabel kompetensi dan motivasi mengajar guru akan diikuti perubahan sebesar (0,385X 1 = 0,1482 = 14,82%) + (0.373X 2 .= 0,1391= 13,91%) hasil belajar siswa kelasVIII SMPI IT-Alhijrah, dengan arah yang sama pada konstanta 22,209 artinya sebesar14,365% variasi hasil belajar siswa dapat dijelaskan oleh variabel kompetensi danmotivasi mengajar guru.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 02 Mar 2017 09:12
Last Modified: 02 Mar 2017 09:12
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1343

Actions (login required)

View Item View Item