Hubungan Pengetahuan dan Sikap Penjamah Makanan Dengan Penerapan Hygiene Sanitasi Makanan Pada Rumah Makan Di Desa Sukasari Kecamatan Pegajahan Kabupaten Serdang Bedagai

Brutu, Hairun Nisa (2021) Hubungan Pengetahuan dan Sikap Penjamah Makanan Dengan Penerapan Hygiene Sanitasi Makanan Pada Rumah Makan Di Desa Sukasari Kecamatan Pegajahan Kabupaten Serdang Bedagai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIX HAIRUN NISA BRUTU.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Makanan dan minuman merupakan kebutuhan hidup yang paling utama dan berpotensi terkontaminasi bakteri patogen. Faktor yang mempengaruhi kualitas makanan adalah perilaku penjamah makanan dalam penerapan personal hygiene dan sanitasi makanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap penjamah makanan dengan penerapan hygiene sanitasi makanan pada rumah makan di Desa Sukasari. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Sampel pada penelitian ini adalah 52 penjamah makanan pada rumah makan di Desa Sukasari. Hasil Penelitian : Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan penjamah makanan dengan penerapan hygiene sanitasi makanan dengan p-value sebesar 0,202 dan terdapat hubungan yang signifikan antara sikap penjamah makanan dengan penerapan hygiene sanitasi makanan dengan p-value sebesar 0,041. Saran : Bagi penjamah makanan sebaiknya mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum melakukan pekerjaan, menggunakan masker serta tidak berbicara saat sedang melakukan pekerjaan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap, Penjamah Makanan, Penerapan Hygiene Sanitasi Makanan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 640 Home economics and family living > 641 Food and drink
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 25 Jan 2022 07:55
Last Modified: 25 Jan 2022 07:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13400

Actions (login required)

View Item View Item