PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL (SPLSV) DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKANMOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SWASTA IRA MEDAN

Asminar, Siregar (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL (SPLSV) DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKANMOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SWASTA IRA MEDAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ASMINAR.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Cara mengembangkan media pembelajaran matematika dengan menggunakan aplikasi canva yang pertama menganalisis karakteristik peserta didik dan media pembelajaran, yang kedua mendesain atau merancang terlebih dahulu media apa yang cocok digunakan, menyiapkan materi dan hal-hal yang mendukung media yang akan dikembangkan, yang ketiga yaitu mengembangkan media yang sudah dirancang atau didesain semaksimal atau semenarik mungkin pada sebelumnya. Setelah itu divalidasi oleh validator apakah media yang akan dikembangkan sudah layak diujicobakan kepada peserta didik, yang keempat yaitu mengujicobakan media yang akan dikembangkan kepada peserta didik, yang terakhir yaitu mengevaluasi apakah media yang dikembangkan bisa meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi Sistem Persamaan Linier Satu Varibael (SPLSV). Tingkat kelayakan dari media dengan menggunakan canva ini dilihat dari penilaian dua validator media dan materi. Berdasarkan hasil penilaian dari dua validator diperoleh nilai skor rata rata sebesar 84,5% dengan kategori sangat baikatau vali d,Artinya bahwa media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi canva ini layak/valid digunakan dalam pembelajaran. Tingkat keefektifan dari media pembelajaran menggunakan aplikasi canva ini terjadi peningkatan motivasi belajar siswa. Motivasi sebelum menggunakan media (pre tes) dan sesudah menggunakan media (post tes) diperoleh nilai selisih/perbandingannya sebesar 50 dan 66. Berdasarkan hasil dari perbandingan dari keduanya bahwa dengan menggunakan rumus N-Gain diperoleh nilainya sebesar 0,32 dengan kategori baik/cukup efektif, artinya bahwa media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi canva pada materi Sistem Persamaan Linier Satu Variabel (SPLSV) efektif dapat meninggkatkan motivasi belajar siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 25 Jan 2022 03:19
Last Modified: 25 Jan 2022 03:19
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13365

Actions (login required)

View Item View Item