Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu Kota Langsa

Fahmi, Marhayaningsih (2019) Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu Kota Langsa. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
MARHAYANINGSIH FAHMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan dan pelaksanaan serta faktor yang mendukung dan mengahalangi efektivitas kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT Langsa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripsi analisis, kemudian data yang diperoleh dari informan dipilih secara purposive, diantaranya adalah orang-orang yang terlibat langsung dalam pembelajaran di SDIT di Kota Langsa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi yang peneliti terlibat langsung didalamnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan perencanaan pembelajaran PAI dilakukan oleh guru PAI, dimulai dengan mempersiapkan perangkat mengajar seperti silabus dan RPP serta media pembelajaran sesuai dengan materi yang akan di ajarkan. Kemudian pelaksanaan pembelajaran agama SDIT di Kota Langsa menggunakan metode demonstrasi dan praktik langsung terutama untuk materi fiqih dan akhlak dalam mata pelajaran PAI. Sehingga peserta didik akan lebih mudah mengingat materi yang telah diberikan, dan selanjutnya siswa dapat menerapkannya dalam kehidupannya sehari-hari. Adapun Faktor pendukung dan penghalang efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama SDIT di Kota Langsa yaitu : Faktor pendukung meliputi, suasana yang kondusif di lingkungan sekolah yang meliputi tersedianya sarana prasarana untuk melakukan kegiatan keagamaan atau dapat dikatakan dengan menciptakan lingkungan yang religius di sekolah, peran serta masyarakat dan keluarga yang ikut aktif membantu proses pembelajaran PAI terutama ketika siswa berada di rumah atau di tengah masyarakat. Faktor penghambat meliputi, keluarga yang tidak berperan aktif dalam membantu pembelajaran PAI, lingkungan masyarakat yang tidak berperan aktif dalam membantu pembelajaran PAI terutama ketika siswa berda di lingkungan masyarakat, teman sepergaulan yang cenderung mengajak untuk melakukan hal negatif, dan kemajuan teknologi yang disalahgunakan.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 24 Jan 2022 03:55
Last Modified: 24 Jan 2022 03:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13341

Actions (login required)

View Item View Item