Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa yang Diajar dengan Model Make a Match dan Problem Based Learning di Kelas X MAS Pondok Pesantren Darul Qu’ran Deli Serdang

Zulfatunisa, Zulfatunisa (2020) Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa yang Diajar dengan Model Make a Match dan Problem Based Learning di Kelas X MAS Pondok Pesantren Darul Qu’ran Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Zulfatunisa (0305162063).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Make A Match dan Model Problem Based Learning(PBL) di Kelas X MAS Pondok Pesantren Darul Qur’an. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimen (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAS Pondok Pesantren Darul Qur’an Deli Serdang T.P 2020/2021. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIK-1 sebagai kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran Make a Match dan kelas X IIK-2 sebagai kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based learning. Data diperoleh dari hasil post-test. Instrumen tes berbentuk uraian sebanyak 5 butir soal tes. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, diperoleh: (1) Tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Make A Match dengan siswa yang diajar menggunakan model PBL. (2) Tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Make A Match dengan siswa yang diajar menggunakan model PBL..(3) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Make A Match dengan siswa yang diajar menggunakan model PBL.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran Make a Match, Model Problem Based Learning (PBL).
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 20 Jan 2022 08:04
Last Modified: 20 Jan 2022 08:04
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13288

Actions (login required)

View Item View Item