Ismayanti, Ismayanti (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Biologi Di MTs Aisyiyah Binjai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
skripsi ISMAYANTI 0310162037 Tadris Biologi.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PredictObserve-Explain (POE) terhadap keterampilan proses sains pada pembelajaran biologi. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Aisyiyah Binjai pada tahun ajaran 2020/2021, dan penelitian ini dilakukan pada akhir bulan Mei sampai bulan Juni tahun 2021. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Pada pengambilan sampel peneliti mengambil dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan jumlah siswa 32 orang menggunakan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dan kelas kontrol dengan jumlah siswa 32 orang . Metode penelitian dilakukan persiapan instrumen penelitian yaitu lembar observasi dan lembar kerja peserta didik, melakukan vaidasi instrumen dengan 2 validator yaitu Dosen Universitas Islam Negeri Sumatera Utara dan pengambilan data dilakukan dengan observasi secara langsung menggunakan pedoman lembar observasi untuk melihat keterampilan proses sains siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa biologi kelas VIII MTs Aisyiyah Binjai. Berdasarkan penelitian yang dilakukan menunjukkan adanya pengaruh keterampilan proses sains siswa. Dilihat dari hasil pengolahan data keterampilan proses sains siswa di kelas eksperimen dengan persentase 74% sedangkan pada kelas kontrol dengan persentase hanya 41% saja. Sehingga nilai KPS siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 08:47 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 08:47 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13246 |
Actions (login required)
View Item |