Analisis Biodiversitas Jenis-Jenis Tumbuhan Liana di Taman Nasional Batng Gadis Resort 7 Sopotinjak Kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara

Siregar, Ainun Mardia (2021) Analisis Biodiversitas Jenis-Jenis Tumbuhan Liana di Taman Nasional Batng Gadis Resort 7 Sopotinjak Kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
( untuk perpus SKRIPSI AINUN MARDIA SIREGAR PDF (1).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tumbuhan memanjat atau yang dikenal dengan nama Liana adalah salah satu jenis tumbuhan yang menjadi ciri khas dari ekosistem hutan hujan tropis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Jenis - Jenis Liana, Indeks Keanekaragaman dan Indeks Kekayaan, dimana metode yang digunakan adalah metode survei deskriptif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode kuadrat, jumlah plot yang digunakan sebanyak 24 plot dalam tiga transek. Dari hasil penelitian ditemukan 12 famili yang terdiri dari 27 spesies liana dengan jumlah total 1082 individu. Famili dengan spesies terbanyak adalah famili Araceae sebanyak 5 spesies dan spesies dengan jumlah individu terbanyak adalah Ficus villosa Blume dengan jumlah total 182. Spesies dengan Indeks Nilai Penting (INP) tertinggi adalah Entada spiralis Ridl dengan nilai 54,843. Indeks Keanekaragaman Liana di Taman Nasional Batang Gadis Resort 7 adalah H’ 3,14 yang masuk dalam kategori keanekaragaman tinggi. salah satu faktor yang mengakibatkan tingginya nilai keanekaragaman liana di TNBG adalah tersedianya banyak pohon sebagai tanaman inang dari habitus liana, sedangkan nilai indeks kekayaan liana di Taman Nasional Batang Gadis Resort 7 adalah 3,47 yang masuk dalam kategori kekayaan sedang, salah satu faktor yang mengakibatkan nilai indeks kekayaan masuk dalam kategori sedang adalah jumlah spesies yang ditemukan sebanyak 27 spesies.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Liana, Biodiversitas, Keanekaragaman, Kekayaan Jenis
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 574 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 19 Jan 2022 03:48
Last Modified: 19 Jan 2022 03:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13193

Actions (login required)

View Item View Item