Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas IV SDN 06 Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu

Firdayanti, Ernita (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas IV SDN 06 Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Enita Firdayanti SIDANG (REVISI) jilid edit okeeeeee.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran penerapan oleh guru di kelas IV SD 06 Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu. 2) Hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan model model Cooperative Learning Tipe Jigsaw di kelas IV SDN 06 Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu. 3) Apakah terdapat pengaruh model Cooperative Learning Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar IPS siswa di kelas IV SDN 06 Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu. Metodologi penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SDN 06 Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu, dan sampel yang dipilih dalam penelitian ini adalah kelas IV-A (kelas eksperiment Cooperative Learning Tipe Jigsaw) dan IV- B (kelas kontrol dengan model pembelajaran penerapan oleh guru). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS siswa yang diajarkan dengan model Cooperative Learning Tipe Jigsaw (IV-A) lebih tinggi dari hasil belajar IPS siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran penerapan oleh guru (IV-B). Hasil belajar IPS di kelas eksperimen dengan model Cooperative Learning Tipe Jigsaw diperoleh rata-rata postest yaitu 89.21, sedangkan pada kelas kontrol dengan model pembelajaran penerapan oleh guru (IV-B) diperoleh rata-rata postest yaitu 80. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pada kelas eksperimen (IV-A) dengan menggunakan uji Paired sample t test diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05 pada taraf signifikasi α = 0,05. Hal ini berarti hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima dan dinyatakan Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPS siswa kelas IV SDN 06 Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw, Hasil Belajar IPS
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Jan 2022 05:07
Last Modified: 19 Jan 2022 08:40
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13114

Actions (login required)

View Item View Item