Gambaran Sistem Antrian Pada Masa Pandemi Covid-19 Dan Persepsi Pasien Rawat Jalan Tentang Layanan Antrian Di RSUD Deli Serdang

Muki, Ririn Audia (2021) Gambaran Sistem Antrian Pada Masa Pandemi Covid-19 Dan Persepsi Pasien Rawat Jalan Tentang Layanan Antrian Di RSUD Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi saya pdf.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Situasi antrian masih menjadi masalah yang sering dihubungkan dengan kualitas pelayanan kesehatan. Pelayanan yang belum optimal diloket pendaftaran berpotensi mengakibatkan antrian panjang dan menimbulkan waktu tunggu yang lama akepada pasien. Penelitian mengenai proses antrian harus ditelisik lebih mendalam terutama dimasa pandemi COVID-19 dimana pasien tetap harus menunggu lama untuk dapat dilayani petugas kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran sistem antrian pada masa pandemi COVID-19 dan persepsi pasien tentang layanan antrian di RSUD Deli Serdang. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif analitik. Populasi dalam penelitian ini merupakan semua pasien yang mengunjungi RSUD Deli Serdang Kecamatan Lubuk pakam terhitung dari Januari hingga Desember 2020. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 120 orang. Analisis bivariat penelitian ini menggunakan ujiChis-square. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada hubungan antara persepsi dan kepuasan pasien dengan nilai p value (0,000) < 0,05.Hasil penelitian di dapatkan bahwa jumlah permintaan pelayanan pasien di bawah rata-rata (<15 orang per jam), waktu antrian tidak sebanding dengan waktu layanan. Penelitian ini menyarankan rumah sakit lebih maksimal menerapkan manajemen sistem antrian dan tenaga kesehatan lebih profesional untuk meningkatkan layanan antrian.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 14 Jan 2022 04:24
Last Modified: 14 Jan 2022 04:24
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13083

Actions (login required)

View Item View Item