Strategi Guru Fikih Dalam Mengajarkan Materi Fikih Yang Bersifat Khilafiyah Di MTs Swasta IRA Medan

Gultom, Armi Riski (2021) Strategi Guru Fikih Dalam Mengajarkan Materi Fikih Yang Bersifat Khilafiyah Di MTs Swasta IRA Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ARMI RISKI GULTOM LENGKAP-1.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui materi fikih yang bersifat khilafiyah dalam mata pelajaran fikih di madrasah tsanawiyah dan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan cara evaluasi guru fikih dalam mengajarkan materi fikih yang bersifat khilafiyah di MTs Swasta IRA Medan. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini adalah guru fikih dan siswa/siswi MTs Swasta IRA Medan. Dari data yang telah didapatkan menunjukkan hasil penelitian bahwa: (1) Terdapat materi yang sifatnya khilafiyah pada mata pelajaran yang diajarkan di tingkat tsanawiyah, seperti materi shalat, adzan, iqamah, shalat berjamaah dan shalat jum‟at di kelas VII. Puasa, zakat pada kelas VIII, serta aqiqah dan kaifiah penyembelihan binatang pada kelas IX. (2) Perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru antara lain mempelajari secara mendalam gambaran materi yang akan diajarkan, menyiapkan materi pembelajaran dalam RPP dan menyiapkan metode pembelajaran untuk menyampaikan materi yang bersifat khilafiyah. (3) Proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan multi metode dan media pembelajaran, antara lain metode ceramah, diskusi dan penugasan. (4) Guru fikih melakukan evaluasi terhadap ketiga ranah pendidikan sudah tergolong cukup baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 13 Jan 2022 04:57
Last Modified: 13 Jan 2022 04:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13079

Actions (login required)

View Item View Item