Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa IPA di MIS Madinatussalam

Nurhadisa, Nurhadisa (2020) Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa IPA di MIS Madinatussalam. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Nurhadisa.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penggunaan metode pembelajaran berfungsi sebagal alat untuk mencapai tujuan dari kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif IPA siswa di MIS Madinatussalam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di MIS Madinatussalam. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 20 siswa dan kelas eksperimen berjumlah 20 siswa. Temuan penelitian ini, yaitu: 1) Proses pembelajaran dengan metode mind mapping, siswa berkreasi dan menuangkan ide-idenya dalam pembuatan mind mapping materi alat gerak hewan dan manusia. Sehingga pembelajaran lebih aktif, inovatif, kreatif, efektif dan efisien dibanding dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajran secara konvensional. 2) Kemampuan berpikir kreatif IPA dengan menggunakan metode mind mapping dilihat dari rata-rata post-test sebesar 66,65, sedangkan pada kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional diperoleh rara-rata sebesar 57,1. Pembelajaran dengan metode mind mapping memiliki hasil yang lebih baik. Berdasarkan uji t pada data post-test diperoleh metode mind mapping berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif IPA siswa kelas V-2. Hasil perhitungan uji t diperoleh ttabel = 2,024 ˃ thitung = 2,155. Dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa “Terdapat Pengaruh yang Signifikan Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif IPA Kelas V MIS Madinatussalam”

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 13 Jan 2022 04:44
Last Modified: 13 Jan 2022 04:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13075

Actions (login required)

View Item View Item