Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tebak Kata Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Di Sds Al-Fithriah Kelurahan Gedung Johor Kecamatan Medan Johor Sumatera Utara

Hasanah, Nurhayati (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tebak Kata Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Di Sds Al-Fithriah Kelurahan Gedung Johor Kecamatan Medan Johor Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURHAYATI HASANAH.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Jenis Penelitian ini merupakan Penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDS Al-Fithriah yang berjumlah 63 orang. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik Cluster Sampling, berdasarkan teknik tersebut, maka diperoleh kelas IVA sebagai kelas eskperimen (dengan menggunakan model tebak kata) dan IVB sebagai kelas kontrol (dengan menggunakan model pembelajaran konvensional). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) hasil belajar siswa kelas IV SDS Al-Fithriah pada mata pelajaran PKn di kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvesional, (2) hasil belajar siswa kelas IV SDS Al-Fithriah pada mata pelajaran PKn di kelas experiment yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe tebak kata, (3) hasil pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe tebak kata terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDS Al-Fithriah pada mata pelajaran PKn di kelas experiment. Temuan dalam penelitian ini adalah: (1) hasil belajar siswa kelas IV SDS Al- Fithriah yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe tebak kata pada mata pelajaran PKn memperoleh nilai pretest 55,65 dan nilai posttest 63,91, (2) hasil belajar PKn siswa kelas IV di SDS Al-Fithriah yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe tebak kata pada mata pelajaran PKn memperoleh nilai pretest 58,33 dan nilai posttest 82,22, (3) Terdapat pengaruh pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe tebak kata terhadap hasil belajar siswa, dengan pengaruh yang signifikan dimana nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 yaitu 0,929>0,05, yang menyatakan diterimanya Ha dan ditolaknya Ho. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe tebak kata berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dikelas IV SDS Al-Fithriah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 12 Jan 2022 07:27
Last Modified: 12 Jan 2022 07:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13034

Actions (login required)

View Item View Item