Anggraini, Eka Diah (2021) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping Pelajaran IPA Materi Sistem Pernapasan Hewan Dan Manusia Di Kelas VSD Negeri Alue Pineung Kecamatan Langsa Timur T.P 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI EKA DIAH ANGGRAINI 0306162077 PGMI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran IPA materi sistem pernapasan hewan dan manusia di kelas V (2) Apakah dengan penerapan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sistem pernapasan hewan dan manusia di kelas V SD Negeri Alue Pineung Kecamatan Langsa Timur T.P 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Negeri Alue pineung T.P 2020/2021 dengan jumlah 26 orang siswa, 20 orang siswa laki-laki dan 6 orang siswa perempuan. Sedangkan objek penelitian ini adalah meningkatkan hasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran IPA materi sistem pernapasan hewan dan manusia. Hasil belajar sebelum diterapkan model pembelajaran Mind Mapping masih tergolong rendah. Hal ini dibuktikan dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 23,08% dengan nilai rata-rata 51,15. Hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Mind Mapping cenderung meningkat. Hal ini dibuktikan pada siklus I dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 42,31% nilai rata-rata 59.61. Kemudian pada siklus II persentase ketuntasan klasikal sebesar 57,69% dengan nilai rata-rata 70,38. Dan pada siklus III persentase ketuntasan klasikal sebesar 80,77% dengan nilai rata-rata 80,38. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajran Mind Mapping pada pelajaran IPA materi sistem pernapasan hewan dan manusia mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri Alue Pineung.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 07:11 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 07:11 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12972 |
Actions (login required)
View Item |