Kontribusi Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru Di Sekolah SMK Tritech Informatika Jl. Bhayangkara No. 484, Indrakasih, Kec Indrakasih, Kec Medan Tembung

Fadli, Muhammad (2021) Kontribusi Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru Di Sekolah SMK Tritech Informatika Jl. Bhayangkara No. 484, Indrakasih, Kec Indrakasih, Kec Medan Tembung. Jurnal Malay: Manajemen Pendidikan Islam & Budaya, 1 (4). ISSN 2775-2372

[img]
Preview
Text
MALAY 4 (MUHAMMAD FADLI).pdf

Download (602kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Mendeksripsikan tingkat kerja guru, 2) Mendeksripsikan fungsi komunikasi interpersonal kepala sekolah dengan guru, 3) Mendekskripsikann Kontribusi Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru Di Sekolah SMK Tritech Informatika Bhayangkara. Dalam penelitian ini merumuskan hipotesis sebagai berikut “Terdapat Kontribusi Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru Di Sekolah SMK Tritech Informatika Bhayangkara. yang berjumlah Populasi 86 orang yang ditentukan 72 sampel dengan menggunakan teknik total sampling. Metode yang digunakan dalam penelitin ini adalah metode penelitian kuantitatif. Instrumen dirancang berbentuk kuesioner untuk variabel komunikasi interpersonal kepala sekolah dan kerja guru.Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesisi dengan regresi linier sederhana. Bedasarkan hasil analisis regresi sederhana menunjukan bahwa terdapat kontribusi komunikasi interpersonal kepala sekolah tehadap peningkatan kinerja guru disekolah SMK Tritech Informatika Bayangkara dibuktikan dari hasil uji R2 dan uji T. Berdasarkan nilai yang diperoleh untuk nilai uji R2 , r hitung 0,299. Jika dibandingkan dengan nilai r tabel sebesar 0,195 pada taraf signifikansi 5% maka nilai r hitung>r tabel. Sedangkan hasil uji T yang diperoleh nilai t hitung sebesar 4,943. Jika dibandingkan dengan nilai dibandingkan dengan nilai t tabel sebesar 2,000 pada taraf signifikasi 5% maka nilai t hitung>t tabel. Selain itu, apabila dilihat dari nilai signifikasi sebesar 0,000 maka signifikasi kurang dari 0,05 (0,000<0,05). Hasil analisis juga diperoleh nilai koefesien korelasi sebesar 0,299, karena nilai koefesien korelasi (r) bernilai positif, maka dapat dinyatakan bahwa variabel komunikasi interpersonal kepala sekolah berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Nilai koefesien determinasi menunjukan R2 sebesar 0,326, nilai tersebut berarti 32,60 % perubahan pada variabel kinerja guru dapat diterangkan oleh komunikasi interpersonal, sisanya sebesar 67,40% dipengaruhi faktor lain yang gak diteliti.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 08 Jan 2022 13:16
Last Modified: 08 Jan 2022 13:16
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12955

Actions (login required)

View Item View Item