Analisis Vegetasi Tumbuhan Asing Invasif di Taman Nasional Batang Gadis Resort 7 Sopotinjak Kecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara

Diana, Putri (2021) Analisis Vegetasi Tumbuhan Asing Invasif di Taman Nasional Batang Gadis Resort 7 Sopotinjak Kecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
putri diana.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Invasif adalah makhluk tumbuhan yang berada di luar daerah peredaran normalnya yang menimbulkan akibat yang merugikan terhadap alam sekitar, keanekaragaman hayati lingkungan, sosial dan ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis tumbuhan apa saja yang ada dan keanekaragamannya tumbuhan invasif di Taman Nasional Batang Gadis dengan menggunakan metode kuadrat yaitu dengan membuat transek dan setiap transek dibagi menjadi beberapa plot. Peletakkan plot secara purposive samplingsebanyak 8 plot.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tumbuhan invasif terdiri dari 12 famili, 20 spesies dan 1287 individu.Spesies yang memiliki jumlah terbanyak terdapat padaMelastoma malabathricum L yaitu 230dan Indeks Nilai Penting tertinggi terdapat padaStrobilanthes reptans (G. Forst.) Moylan ex Y. F. Deng & J. R. I. Wood INP (35,82), Sedangkan spesies ini didasarkan pada Indeks Nilai Penting terendah pada Ageratum conyzoides L. (INP 3,40%). Indeks keanakaragaman tumbuhan invasif tergolong kategori sedang, dengan H’ 2,43kategori sedang masih termasuk keadaan komunitas stabil dikarenakan satu atau beberapa spesies mendominasi komunitas.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 580 Botanical sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 07 Jan 2022 08:01
Last Modified: 07 Jan 2022 08:01
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12911

Actions (login required)

View Item View Item