Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbsis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Materi Pokok Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Kelas VII SMP Dharma Pancasila Medan Tahun Pembelajaran 2019-2020

Mardini, Zulfa (2019) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbsis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Materi Pokok Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Kelas VII SMP Dharma Pancasila Medan Tahun Pembelajaran 2019-2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ZULFA MARDINI.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Kevalidan dan kepraktisan produk dinilai dari angket dan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian R&D, dengan langkah penilitian mengacu pada pengembangan 4-D yang dimodifikasi sampai 3-D. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII-B SMP Dharma Pancasila Medan T.P 2019-2020 yang berjumlah 24 orang. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D (Four-D Model) dari Thiagarajan Dorothy S. Semmel dan Melvyn I. Semmel. Tahapan dalam model pengembangan 4-D ini yaitu: Define (Pendefenisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Namun, dalam penelitian ini peneliti merealisasikan 3 tahapan saja, yaitu: Define (Pendefenisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan). Peneliti tidak melaksanakan tahapan Disseminate (Penyebaran) dikarenakan beberapa faktor, salah satunya keterbatan waktu dan biaya peneliti untuk merealisasikannya. Dalam hal ini peneliti hanya menyebarkan produk LKPD di sekolah yang menjadi tempat penelitian yaitu SMP Dharma Pancasila Medan, khususnya di kelas VII-B Tahun Pembelajaran 2019-2020. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen lembar penilaian bahan ajar, angket respon siswa, lembar observasi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran. Hasil penilaian dari ahli media diperoleh persentase kelayakan sebesar 80,77% dengan kategori “sangat baik” dan penilaian dari ahli materi sebesar 78,06% dengan kategori “sangat baik”. Hasil dari angket respon siswa diperoleh 80,18% yang berarti media yang dikembangkan sudah sangat baik

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 04 Jan 2022 04:07
Last Modified: 04 Jan 2022 04:19
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12749

Actions (login required)

View Item View Item