Lianti, Silvia and Wijaya, Candra and Fauza, Hendri (2021) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di MTs Yayasan Perguruan Miftahul ‘Ulum Dolok Masihul. Jurnal Islami: Manajemen Pendidikan Islam & Humaniora, 1 (3). ISSN 2775-2380
|
Text
ISLAMI 3 (Silvia Lianti).pdf Download (371kB) | Preview |
Abstract
Kepemimpinan adalah proses mempengaruhi dan mengarahkan aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan tugas dari anggota-anggota kelompok. Kepemimpinan yang diterapkan kepala sekolah sangat berpengaruh terhadap keberhasilan organisasi sekolah. Gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan kinerja guru. Semakin tinggi pengetahuan dan keterampilan kepala sekolah dalam menganalisa situasi dan keadaan tenaga pendidik, pengaplikasian gaya kepemimpinan akan semakin tepat sehingga berpengaruh terhadap kinerja tenaga pendidik. Guru memiliki peranan yang sangat penting dalam lembaga pendidikan, baik sebagai perencana, pelaksana, dan pengevaluasi pembelajaran. Kinerja guru yang tinggi dalam menciptakan pembelajaran yang berkualitas dan bermutu sangatlah menentukan keberhasilan pendidikan secara keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTS Miftahul ‘Ulum Dolok Masihul sudah berkategori baik. Namun demikian, gaya kepemimpinan demokratis kelapa sekolah di MTS Miftahul ‘Ulum harus lebih ditingkatkan lagi, karena, hal ini mengingat kinerja guru memiliki peran dan fungsi strategis guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja guru di Madrasah Tsanawiyah Yayasan Miftahul Ulum Dolok Masihul.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1) |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 29 Dec 2021 06:01 |
Last Modified: | 29 Dec 2021 06:01 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12729 |
Actions (login required)
View Item |