Persepsi Guru Terhadap Kepemimpinan Kepala Madrasah MTs Belongkut Labuhan Batu Utara

Pasaribu, Juffran Sabri and Hadijaya, Yusuf and Nasution, Inom (2021) Persepsi Guru Terhadap Kepemimpinan Kepala Madrasah MTs Belongkut Labuhan Batu Utara. Jurnal Islami: Manajemen Pendidikan Islam & Humaniora, 1 (3). ISSN 2775-2380

[img]
Preview
Text
ISLAMI 3 (Juffran Sabri Pasaribu).pdf

Download (443kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala madrasah di MTs Belongkut Labuhan Batu Utara dan kepemimpinan Kepala Madrasah di MTs Belongkut Labuhan Batu Utara. Penelitian ini meruapakn jenis penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala madrasah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, tujuan wawancara ini adalah untuk mendapatkan informasi dari partisipan yang menjadi subyek peneliti sesuai dengan deskripsi dan narasi dari masing-masing individu. Teknik pengumpulan data yang digunakanadalah observasi wawancara dan dokumentasi. Temuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala madrasah MTs Belongkut mengindikasikan bahwa kepala sekolah menjalankantugas dan fungsinya sebagai pemimpin tertinggi di sekolah dengan baik. Kepala madrasah memiliki latar belakang kepribadian yang periang, tegas dan disiplin, punya komitmen yang tinggi serta senang berdiskusi, dalam menanggapi dan menagani suatu hal, termasuk dalam memecahkan isu-isu permasalahan yang ada disekolah, kepala sekolah selalu cepat dan tanggap berupaya untuk menyelesaikan persoalan.kepala sekolah memberikan pendekatan-pendekatan yang baik kepada para guru untuk dapat mengoptimalkan diri ikut serta dalam mewujudkan program sekolah, memberikan motivasi kepada guru serta memberikan semangat kepada guru untuk menjadikan keikutsertaan guru dalam menjalankan program dapat meningktakan kualitas profesionalisme kami sebagai guru. Kepemimpinan kepala madrasah jika dilihat dari aspek komunikasi nya dengan para guru dan staff disekolah, kepala madrasah menganut gaya kepemimpinan demokratis, hal itu terlihat dari jiwa tenggang rasa kepala sekolah yang tinggi serta dalam pengambilan keputusan yang dilandasi dengan asas musyawarah bersama dengan semua guru yang terkaitKepala sekolah mengindikasikan bahwa dirinya mempererat hubungan dengan guru dan staff kepala madrasah sehingga tidak terlalu terlihat perbedaan status formal disekolah. Ciri-ciri kepemimpinan kepala sekolah yang terlihat selama memimpin kami para guru adalah selalu berdiskusi dalam pemecahan masalah yang ada, selalu mengumpulkan ide dan masukan dari setiap guru untuk dijadikan bahan pertimbangan pada setiap isu diskusi yang dimusyawarahkan, selalu menuntun guru-guru agar teribat aktif dalam pembangunan kualitas sekolah.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 29 Dec 2021 06:01
Last Modified: 29 Dec 2021 06:01
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12728

Actions (login required)

View Item View Item